Old Metamora

Mari kita belajar case study lagi, kali ini ceritanya mengenai penggunaan Lelang secara online.

Betty Shriver merupakan pemilik dari Betty’s Crystal sebuah toko kecil yang menjual barang “crystal glass figurines” untuk dikoleksi.

Toko tersebut terletak di daerah Metamora, Indiana yang merupakan tempat populer yang dikunjungi oleh para turis.

Toko ini sangat sibuk sekali setiap akhir minggu atau di hari libur, saat musim semi dan musim panas ketika banyak turis berkunjung ke Old Metamora.

Betty mencoba melelang beberapa barang yang dijual pada situs “eBay”. Dengan lelang dapat membantu Betty dalam permasalahan distribusi product/inventory saat penjualan sepi, tapi Betty menemukan bahwa dia mampu melelang banyak pilihan dari berbagai produk yang dijual di toko.

Di masa lalu, Betty menentukan produk yang tidak laku dijual di toko, kemudian menggunakan lelang untuk menjual produk tersebut, karena Betty khawatir produk tersebut akan lama lakunya kalau dijual di toko.

Sekarang Betty tahu bahwa berbagai profuk yang tidak bisa dijual di toko, dapat dijual menggunakan lelang di situs eBay dengan cepat dan mudah.

Keuntungan yang didapatkan oleh Betty dengan menggunakan lelang secara online yaitu :

  • Betty dapat membangun relationship dengan para pembeli barang-barang crystal dan dengan orang lain yang juga memiliki toko barang-barang antik untuk dikoleksi di tempat lainnya

Setiap lelang harus dilakukan konfirmasi setidaknya 2x yaitu :

  1. Untuk konfirmasi nilai bid terakhir (final bid)
  2. Untuk konfirmasi pembayaran dari pembeli

Banyak dari “bidder” yang telah sukses membeli barang dari Betty mengirimkan email yang berisi pertanyaan mengenai produk yang diterima, atau sekedar mengucapkan terima kasih karena telah mengirimkan barang dengan cepat, bahkan dapat berlanjut berdiskusi mengenai crystal figurines dan barang-barang antik/koleksi lainnya.

*Bidder : yang melakukan penawaran harga / bid

Dari pengalaman Betty lelang secara online, maka Betty ingin memperbesar bisnis yang digelutinya. Betty mendengar dari pemilik toko lainnya, bahwa eBay dapat membantu membuatkan toko online sendiri dalam website eBay dan Amazon.com juga menyediakan jenis pelayanan yang sama.

Betty juga tertarik untuk membuat sebuah website yang didalamnya bisa melihat photo dan deskripsi dari crystal figuriness yang dijual.

Betty juga mau memberitahukan cara bagaimana membuat sebuah crystal figuriness dan memberitahukan informasi barang-barang yang sudah tidak diproduksi, sehingga mengakibatkan produk tersebut menjadi lebih bernilai dan lebih mahal harganya.

Betty percaya dengan adanya website akan banyak calon customer yang mengunjungi website yang telah dibuatnya, karena banyaknya jumlah orang yang tertarik dalam mengoleksi crystal figuriness.

Betty ingin mencari cara untuk mengarahkan para pengunjung agar dapat mengunjungi produk yang dilelang secara online, dan website yang akan dibuatnya.


Saya akan menunjukan informasi mengenai Amazon dan eBay marketplace.

Amazon Marketplace adalah Amazon.com merupakan situs penjualan secara online yang memungkinkan penjual untuk menawarkan barang-barang mereka bersama dengan barang-barang yang ditawarkan oleh Amazon. Pembeli dapat membeli produk yang baru atau bekas yang dijual langsung oleh pihak ketiga melalui Amazon.com dengan harga yang tetap.

Konsep Amazon.com mirip dengan penjualan lelang melalui eBay, bedanya eBay sebagai tempat para penjual untuk menawarkan produknya dengan harga yang sudah pasti (fixed price) atau menggunakan sistem lelang, dimana pembeli boleh melakukan bid / penawaran harga barang yang akan dibeli.

Betty sudah siapkah untuk menggunakan eBay atau Amazon dalam menjual produk-produknya ke pasar yang lebih luas ?

Betty berharap dapat mulai mendapatkan penghasilan tambahan melalui bisnis menggunakan eBay atau Amazon.

Berdasarkan pengalaman Betty selama ini menjual produknya dengan lelang secara online menggunakan eBay, Betty dapat memperluas bisnisnya secara online.

Dengan menggunakan Amazon atau eBay secara efektif Betty dapat menjalankan tokonya secara langsung / “real” dan melalui penjualan secara online.

Dengan menggunakan eBay, keuntungannya adalah :

  • Produk yang dijual dapat ditawar oleh pembeli hingga harga yang diinginkan
  • Produk yang tidak laku dapat dijual dengan harga penawaran awal yang rendah
  • Produk yang langka dan antik dapat mendapatkan penawaran harga yang tinggi
  • Bebas dari penipuan, karena pemenang lelang harus melakukan pembayaran terlebih dahulu setelah menang
  • Dapat membatasi daerah jangkauan service / pelayanan
  • Menghemat biaya promosi
  • Memudahkan proses pengelolaan feedback
  • Produk yang dilelang dengan batasan tertentu tidak perlu mengeluarkan biaya
  • Setiap penjual dapat diketahui reputasinya melalui review dari bidder yang sudah sukses mendapatkan produknya
  • Memudahkan proses pembayaran karena akan dibantu oelh partner pembayaran yang sudah bekerja sama dengan eBay
  • Situsnya sudah dipercaya dan banyak yang mengunjungi
  • Penjual dapat menenentukan harga jual langsungnya tanpa menggunakan penawaran / bid
  • Penjual dapat memberitahukan jumlah barang yang tersedia
  • Otomatis mendapatkan konfirmasi ketika sudah ada yang melakukan penawaran / bid, proses lelang telah berhasil, ketika ada yang melakukan pembayaran, dll.
  • eBay dapat membantu mengarahkan agar pengunjung mengunjungi barang lelang yang kita jual
  • Mengenai biaya, eBay menyediakan biaya gratis untuk 5 produk yang ditawarkan untuk dilelang, lebih dari itu harus membayar sebesar harga yang ditentukan oleh eBay
  • eBay memiliki fitur dimana pembeli dan penjual dapat memantau produk lelangnya dengan menggunakan handphone / secara mobile bahkan bisa melalui SMS
  • eBay akan melakukan block permanent terhadap pembeli atau penjual yang melakukan penipuan

Untuk Amazon kurang lebih sama dengan yang di atas, tetapi pada Amazon memiliki perbedaan sebagai berikut :

  • Memliki harga diskon untuk produk-produk tertentu
  • Amazon.com boleh menjual produk yang sama dengan harga yang lebih terjangkau
  • Amazon.com tidak meminta kita membayar sepeserpun saat kita menawarkan produk kita di situs Amazon, tetapi saat produk kita dibeli oleh orang lain, kita wajib membagi keuntungan kita dengan Amazon dengan sistem komisi. Sehingga kalau produk kita tidak dibeli, kita tidak perlu membayar pada Amazon
  • Amazon.com akan membayar jika kita menaruh iklan di situs Amazon.com dan ada pembeli yang membelinya.
  • Amazon.com menggunakan harga pasti, dimana pembeli tidak bisa melakukan bid / penawaran harga terhadap barang yang ingin dibeli.
  • Tidak ada batasan waktu terhadap produk yang ditawarkan, bahkan saat produk yang dijual sedang tidak ada stoknya (out of stock) kita dapat melakukan preorder terlebih dahulu.
  • Amazon telah bekerja sama dengan para vendor perusahaan, sehingga produk yang dijual terkadang penjualnya adalah langsung dari vendornya
  • Menjual di Amazon melalui 4 langkah mudah yaitu :
  1. Daftarkan produk yang akan dijual
  2. Mendapat pesanan
  3. Kirim produknya
  4. Mendapat pembayaran

Kesimpulannya dari informasi fakta, biaya, keuntungan yang didapatkan, dan pengalaman Betty sebaiknya Betty menggunakan kedua situs tersebut secara bersamaan, dimana untuk produk yang ingin mendapatkan penawaran tertinggi dapat dijual menggunakan eBay, sementara produk yang telah pasti harganya dapat dijual di Amazon.com

Situs metamora saat ini :


Betty dapat menggunakan social networking untuk meningkatkan traffic dari pengunjung untuk mengunjungi website / produk lelangnya.

Contoh social networking :

  1. Facebook
  2. Friendster
  3. Twitter
  4. MySpace

Twitter, dan situs social networking lainnya jika dimanfaatkan dengan baik, dapat mendapatkan sekelompok pengunjung yang dapat ditargetkan untuk mengunjungi situs Web kita dalam waktu yang sangat singkat.

Berdasarkan situs mengenai promotion strategies for 2010 dikatakan bahwa promosi menggunakan social networking 94% efektif daripada penggunaan blog, dan email marketing.

Strategi menggunakan social networking :

  • Dapat menghemat biaya promosi, karena menjadi alat promosi gratis daripada harus membayar pay-per-click menggunakan Google atau “menitipkan” banner di website lainnya dan harus mengeluarkan biaya tentunya untuk memasang banner tersebut
  • Situs social networking memiliki user dalam jumlah banyak, sehingga kita dapat memanfaatkan user tersebut untuk menjadi fans terhadap situs kita (konsep facebook)
  • Profile pada social networking dapat disesuaikan dengan toko online kita, bahkan disediakan halaman khusus untuk mendeskripsikan toko online kita
  • Semakin banyak “pengikut” profile kita / page yang kita buat, akan semakin efektif promosi yang ditawarkan
  • Dapat dilakukan update informasi secara real time, sehingga dapat menarik pengunjung untuk lebih sering mengunjungi situs kita
  • Fitur yang ada pada social networking seperti adanya game, photo, musik, video, dan chatting dapat membuat promosi kita menjadi lebih menarik
  • Kemudahan dalam mengakses situs social networking yang ada, seperti dapat diakses melalui handphone atau secara mobile tentunya meningkatkan minat dari pengguna situs social networking untuk betah berlama-lama browsing di internet

Akhirnya tujuan dan keinginan Betty untuk mendapat pengunjung website-nya dapat dengan cepat dan mudah tercapai, karena adanya kekuatan dari internet (“the power of internet”)

This entry was posted in e-business. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published.